Tugas

Praktikum Jaringan Komputer
VLSM
Tugas
UNP dengan 1000 host dan warnet sebanyak 20 host

Contoh Kasus Subnetting
Kunci utama kita melakukan subnetting adalah dengan menentukan subnet mask suatu IP Address dengan menggunakan konsep CIDR (Classless Inter Domain Routing) yaitu metoda pengalamatan IP Address tanpa kelas (classless addressing). Saya sendiri baru mengenal konsep CIDR ini beberapa minggu yang lalu, karena selama ini yang saya tau hanyalah pengkelasan IP Address (classfull addressing).
Subnetting IPV4 (Pertemuan VI)


Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru.
Keuntungan subnetting adalah:
1. Mempermudah pengelolaan jaringan.
2. Untuk optimalisai dan efisiensi kerja jaringan, karena jalur lalu lintas tidak terpusat dalam satu Network besar, tapi terbagi ke beberapa ruas.(Selengkapnya...)
Fiber Optik (Pertemuan V)
Teknologi Auto MDIX :  memungkinkan koneksi antara 2 komputer menggunakan Kabel Straight karena pada NIC nya menggunakan teknologi Auto MDI. Akan tetapi tetap dianjurkan untuk menggunakan Kabel Cross bila mengkoneksikan 2 device yang sama. (Selengkapnya...)

Pengkabelan UTP Cat 6 (Pertemuan IV)
Secara umum perbedaan pengkabelan Cat 5 dengan Cat 6 adalah pada kemampuan transmisi. Secara detail perbedaannya:- Category 5e memberikan bandwidth MAKSIMUM 100 MHz, sementara category 6 memiliki bandwidth MINIMUM 200 MHz.(Selengkapnya...)

Kabel Twisted Pair (Pertemuan III)

adalah salah satu dari beberapa tipe kabel yang dapat digunakan untuk membangun sebuah Jaringan Komputer, khususnya pada Jaringan LAN. Kabel Twisted Pair merupakan kabel yang terdiri dari kabel yang saling melilit dan warna yang berbeda. Kabel Twisted Pair ini terdiri dari 2 jenis yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Pada kedua jenis Kabel Twisted Pair ini tidak ada perbedaan yang spesifik bedanya kedua kabel ini adalah Shield dan Unshielded (Selengkapnya...)


Bagian Komputer (Pertemuan ke 2)
1. Hardware
( Perangkat keras)
2. Software ( Perangkat lunak)
3. Brainware (User)
(selengkapnya...)


Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.(selengkapnya...)

Adalah perangkat keras komputeryang memungkinkan komputer untuk bergabung bersama dalam LAN, atau jaringan area lokal. Jaringan komputer saling berkomunikasi menggunakan protokol tertentu untuk transmisi paket data antara komputer yang berbeda, yang dikenal sebagai node. Fungsi network interface card adalah sebagai penghubung bagi komputer untuk mengirim dan menerima data pada LAN(selengkapnya)

Adalah  perangkat yang menjadi penghubung dalam jaringan komputer, berikut adalah macam-macam dari network device
Terdiri dari :
1. Repeater
2. Switch
3. Hub
4. Router
5. Bridge

Adalah  media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakal sebagai media pengirim, baik untuk pengiriman dan penerimaan data. Pilihan media transmisi (pengirim) untuk keperluan komunikasi data tergantung pada beberapa faktor, seperti harga, performance jaringan yang dikehendaki, ada atau ada tidaknya medium tersebut. (selengkapnya)

Adalah Sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. (selengkapnya)

No comments:

Post a Comment